Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inspirasi buka usaha untuk pemula

Pernahkah terpikir oleh anda, fakta bahwa karyawan kantoran dengan pendapatan kecil, tetapi banyak dari mereka yang mempunyai waktu luang yang besar. Kecil di sini maksudnya adalah pendapatan standar karyawan ya. Dengan waktu luang tersebut, sebagian besar dari mereka tidak menggunakannya dengan maksimal agar mengubahnya jadi uang.

Inspirasi buka usaha untuk pemula
 Inspirasi buka usaha untuk pemula

Jika diperhatikan lebih dalam, dari waktu luang tersebut terdapat banyak peluang bagi mereka untuk melaksanakan usaha sampingan yang bisa diibaratkan pemasukan pasif ataupun bisa menjadi tabungan yang bisa disimpan untuk rencana jangka panjang. Masalahnya adalah, banyak sekali orang yang berpikir dan merasa mereka sudah tidak ada waktu mengerjakannya karena terjebak rutinitas jam kerja di kantor.

Sementara itu rata rata jam kerja satu hari (normalnya 8 jam kerja + 1 jam istirahat), setidaknya masih bisa ada waktu untuk kita mengurus usaha sampingan. Karena usaha sampingan bisa dilakukan selepas pulang kerja, maka hal ini  sah sah saja untuk dilakukan.

Bisnis Sesuai Skill

Bisnis yang dijalankan sesuai skill, membuat anda tidak akan mudah menyerah. Hal tersebut dikarenakan anda sangat menguasai dan mencintai bidang pekerjaan ini. Apapun tantangan yang datang, tentunya bisa hadapi dan selesaikan dengan tenang dikarenakan pengalamanlah yang berbicara dan tahu solusinya.

Inspirasi buka usaha yang bisa anda jalankan juga dapat berangkat dari hal hal yang sederhana atau kegemaran, contohny adalah usaha di bidang traveling, hopitality, dan lain lain. Jika melihat referensi melalui Youtube dan berita bisnis, ditemukan banyak pengusaha yang sukses berbisnis dari hal hal yang mereka gemari.

Berbasis Online

Untuk mendukung bisnis anda agar semakin berkembang, manfaatkanlah kecanggihan teknologi yang ada sekarang ini.

Ya, dengan kemampuan yang dimilikinya rasanya bisnis berbasis online harus menjadi sebuah keharusan untuk sebuah bisnis. Keuntungan bisnis berbasis online bisa memasarkan bisnis anda dimana saja, kapan saja, tanpa ada tembok yang menghalangi. Sehingga peluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar terbuka lebar.

Sebagai informasi untuk memberikan semangat berbisnis, transaksi ecommerce di Indonesia tahun ini saja sudah sampai Rp13 triliun/ bulan. 

Suatu bisnis yang dipadukan dengan sebuah web toko online pastinya sanggup menjaring lebih banyak calon konsumen. Terlebih bila memanfaatkan fitur yang diberikan oleh Google, yaitu Google Bisnisku. Sehingga suatu bisnis berpeluang besar lebih mudah ditemukan oleh banyak orang. 

Inspirasi Buka Usaha buat Pemula

Berikut ini merupakan rekomendasi inspirasi buka usaha bagi pemula yang sedang mencari referensi bisnis. Kami merekomendasikan inspirasi ini ke dalam tipe bisnisnya, terbagi dalam online ataupun offline, kisaran modal yang dibutuhkan apakah membutuhkan modal kecil ataupun menengah.

1. Kursus Online

Anda mempunyai kemampuan atau skill yang jarang dimiliki orang? Dengan membuka bisnis kursus online, rupanya ini adalah batu loncatan untuk memulai sebuah bisnis. Dengan skill tersebut yang jarang dimiliki orang, sepertinya masih sedikit saingannya. Sehingga kemungkinan pendaftarnya pun cukup besar.

Dengan mencari materi yang asik dan ringan, sepertinya tidak akan kesusahan untuk mencari pendaftar kursus online anda. Terlebih jika materi yang dibagikan sangat digandrungi anak muda. Untuk dapat mewujudkannya, mengiklankan di Media Sosial seperti Facebook dan Instagram bisa menjadi pilihan yang tepat. Mengingat kedua Media Sosial ini sangat populer.

2. Usaha Sewa Mobil

Bisnis sewa mobil kemungkinan besar telah banyak anda temui. Besaran modal yang ditanamkan untuk jenis usaha yang satu ini terbilang tidaklah sedikit.

Terdapat seseorang pengusaha rental mobil yang bisa jadi dapat jadi inspirasi buka usaha untuk anda. Pebisnis ini berpesan kalau buat mengawali sebuah bisnis, kreativitas ialah poin utama, tidak melulu modal.

Dikala itu bagaikan sopir mobil rental, dia menciptakan kesempatan usaha kalau warga menginginkan seseorang sopir yang berpenampilan baik serta berwawasan luas. Memanfaatkan Media Sosial Twitter, dia mulai mempromosikan "jasa sewa driver good looking".

Seiring perkembangan waktu, kliennya mengalami peningkatan. Dengan sistem pendapatan 50 : 50, bisnisnya terus menjadi tumbuh. Pemasukan yang dia terima per bulan juga mencapai Rp78 juta. Bisnis rental mobil ini teruji tidak cuma dapat dicoba offline saja, tetapi dapat secara online

3. Usaha Potong Rambut

Penampilan ada hal yang sangat diutamakan dalam mencari kerja dan dunia masyarakat. Dengan penampilan yang baik anda mempunyai image yang baik pula. Sehingga dalam dunia kerja penampilan yang baik adalah hal yang utama.

Bagi orang yang jeli, bisnis usaha potong rambut adalah hal yang yang bisa dijadikan lahan bisnis. Untuk mengawalinya pun tidak perlu modal besar. Misalnya, salah satu pengusaha yang aktif di bidang potong rambut membagikan pengalamannya bahwa ia hanya butuh Rp. 2 juta saja. Modal tersebut digunakan buat membeli peralatan potong rambut, perabotan pendukung lainnya.

Omzet yang didapat dari usahanya itu saat ini sudah lebih dari Rp. 10 juta per bulannya. Bila anda mempunyai ruangan kosong yang tidak digunakan, menyewa ruko tidak lagi diperlukan. Dengan ruangan tersebut anda sudah bisa memulai bisnis potong rambut. 

4. Day Care

Anda menyukai dunia anak anak? Jika iya, anda bisa memulai bisnis yang berhubungan dengan dunia anak dari rumah saja. Membuka jasa penitipan anak bisa jadi dapat jadi opsi yang menarik bagi anda yang ingin memulai sebuah usaha.

Bisnis ini cukup sukses dijalankan di kota kota besar dan punya peluang sama jika membukanya di kota kecil.Dengan kesibukan orang tua bekerja dalam beberapa kesempatan mereka seringkali menitipkan anak ke pihak lain. Melihat peluang tersebut, ini adalah kesempatan bisnis.

Sebelum memulai, anda terlebih dahulu mempersiapkan modal yang digunakan untuk renovasi rumah anda. Modal ini digunakan agar rumah anda menjadi zona bermain yang mengasyikkan. Modal tersebut juga anda gunakan untuk membeli sebagian peralatan bermain anak sebagai properti usaha.

Perkiraan tarif penitipan anak per bulan Rp1000000. Bila menerima 10 anak, anak bisa menerima pemasukan hingga 100 juta. Pendapatan tersebut bisa meningkat apabila anda menerima anak yang memerlukan pengawasan yang ekstra hati hati semacam bayi maupun balita. Pasti pemasukan anda makin bertambah dalam beberapa waktu ke depan. Tidak cuma itu, bila anda mempromosikan aktivitas usaha anda dengan web, pasti anda bisa menjaring lebih banyak konsumen.

5. Berjualan Jajanan

Produk jajanan memanglah bisnis yang abadi. Apalagi jika kita berbicara produk jajanan ataupun snack. Walaupun banyak produk baru bermunculan di pasar, antusiasme orang orang untuk mencobanya bisnis ini cukup besar.

Bila anda mau menjajal bisnis jajanan snack ringan ini, kuncinya adalah rasa dan jajanan yang bercirikhas khusus. Kemudian, agar order meningkat, anda dapat memasarkannya secara online. Mengawali bisnis ini tidak wajib dengan modal puluhan juta. Apalagi anda dapat melakukannya di rumah saja. 

6. MUA

Jika anda ahli dalam bidang merias wajah, menjadi seorang perias pengantin layak untuk dicoba. Buat mengawali bisnis ini memerlukan modal di bawah 30 juta rupiah, tergantung besar kecilnya cakupan bisnis yang hendak dibangun. Sebagian modal tersebut hendak digunakan buat pembelian perlengkapan makeup, busana pendukung, serta bayaran promosi dini.

Kesempatan bisnisnya lumayan besar sebab sebagian pebisnis mengaku dapat balik modal( Break Even Point) dalam waktu kurang dari 5 bulan saja. Bila mau membangun bisnis ini, anda dapat mulai menghitung kebutuhan modal yang dibutuhkan saat sebelum mengawalinya.

7. Online Writer

Bagi yang sangat gemar menulis, kegemaran ini bisa menjadi nilai yang sangat menjanjikan. Melalui skill ini, anda dapat menjadi seseorang online writer. Bisnis ini dapat dijalankan dari rumah sekaligus menjalankan program pemerintah Work From Home. Apalagi nilai tambahnya adalah ini bisa dilakukan tanpa modal.

Sebelum memutuskan, ada yang perlu mempertimbangkan secara matang. Apakah menjadi online writer secara paruh waktu maupun full time. Sebagian platform yang bisa menjadi rujukan anda memperoleh orderan bisa dicari di Google. Apapun gaya menulis anda, hal tersebut bisa dimanfaatkan dengan menjadi online writer masih sangat menjanjikan untuk tahun depan.


Post a Comment for " Inspirasi buka usaha untuk pemula"